Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Tidur nyenyak

Beberapa penelitian sudah sering mengungkapkan bahwa kualitas tidur yang kurang baik akan meningkatkan risiko serangan jantung, obesitas dan diabetes. Selain itu, kurang tidur juga akan mampu menjaga kemampuan bekerja, dan berkonsentrasi dengan baik.  Semakin meningkatkan usia dan sudah bekerja biasanya kesempatan tidur jadi lebih kecil. Oleh karena itu, mencari tahu tips tidur lebih nyenyak lebih banyak jadi pilihan untuk sering dicari untuk memenuhi kebutuhan tidurnya.

Penyebab sulit tidur dapat disebabkan banyak hal yaitu: 

    1. Stress
    Kesehatan mental juga akan menjadi salah satu penyebab untuk tidur sehari-hari. Stres tidak hanya mampu mempengaruhi fisik dan emosional. Stres yang terlalu berat akan membuat tubuh menjadi lebih cemas sehingga terjadi kurang tidur. 

    2. Usia 
    Meningkatkan usia juga akan mengalami perubahan waktu tidur, awalnya durasi waktu lebih banyak tetapi di usia 60 tahun ke atas cenderung lebih pendek hanya selama 7 jam. Hal ini disebabkan karena seringnya terbangun saat malam hari. 

    3. Memiliki beberapa penyakit 
    Penyebab kurangnya tidur juga dapat disebabkan karena adanya penyakit seperti asma atau asam lambung. Penyakit-penyakit ini juga mampu mengurangi masalah sulit tidur. 

    4. Kamar tidur kurang nyaman
    Penataan kamar tidur akan sangat mempengaruhi tingkat kualitas tidur. Warna kamar tidur, ukuran kasur, cahaya lampu, kombinasi bantal dan sprei juga memberikan dampak yang signifikan agar tidur lebih nyenyak.

Tips tidur yang nyenyak 
Tidak hanya meningkatkan risiko serangan jantung tetapi juga fungsi otak. Sesuai dengan Penelitian lain tentang kurang tidur juga akan memberikan dampak negatif bagi fungsi otak, hormon dan performa. Berikut 5 tips tidur yang nyenyak, yaitu: 

    1. Atur cahaya kamar baik siang hari dan malam hari 
    Terkadang cahaya dari sinar matahari di siang hari akan mampu meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, kuantitas tidur di siang hari lebih banyak sementara di malam hari cenderung sulit. Berbeda dengan siang hari, di malam hari anda harus mengurangi pencahayaan lampu di kamar tidur. Sebaiknya tidur tanpa cahaya akan lebih nyenyak daripada menggunakan lampu. Selain itu, kurangi waktu durasi tidur siang juga mampu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

    2. Hindari kafein sebelum tidur 
    Kandungan kafein akan membuat anda sulit untuk tidur di malam hari. Meskipun, anda memaksakan tidur, anda akan gagal. Jangan mengkonsumsi kopi sebelum tidur. 

    3. Jangan makan makanan yang berat saat waktu tidur 
    Makanan berat akan mempengaruhi sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga anda tidak menganggu tidur di malam hari. Jika merasa lapar, anda bisa mengkonsumsi makanan ringan seperti susu atau sereal. 

    4. Mandi air hangat 
    Tips tidur lebih nyenyak lainnya adalah dengan mandi air hangat. Dengan air hangat, tubuh akan merasa lebih rileks dan tenang. Hal ini bisa membuat lebih cepat tidur daripada biasanya. 

    5. Batasi penggunaan handphone 
    Sebelum tidur, sebaiknya batasi penggunaan handphone atau teknologi digital lainnya. banyak orang menyimpan handphone tepat di samping tempat tidurnya sehingga lebih mudah mengecek email, story sosial media atau chatnya. Mulailah menghentikan kegiatan setidaknya sekitar 60 menit sebelum tidur. Anda bisa membaca buku untuk menunggu waktu tidur. 

    6. Jaga suhu ruangan agar lebih nyaman 
    Tips tidur lebih nyenyak terakhir adalah selalu menjaga suhu ruangan sehingga anda akan terus merasa nyaman saat tidur di malam hari. Biasanya kebanyakan akan memilih mengatur suhu sekitar 18 derajat celcius atau cukup di angka dua jika menggunakan kipas angin. Jadi tidak terlalu panas dan dingin. Namun, kebutuhan suhu ruangan akan berbeda setiap orang. Atur suhu ruangan sesuai dengan keinginan anda sendiri. bangun tidur di malam hari dapat terjadi karena kedinginan atau bahkan kepanasan. Inilah penyebab tidur jadi kurang efektif di malam hari.